Semarang, lppm.unnes.ac.id – Pusat Pengembang Jurnal dan Publikasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Semarang (Pusbang Jurnal & Publikasi UNNES) mengikuti Workshop Ithenticate yang diadakan secara virtual melalui zoom pada tanggal 19 Januari 2023 Pukul 12.30 – 14.30 WIB. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama dengan Produk Turnitin (Ithenticate) yang telah dilanggan oleh UNNES.
Virtual Workshop diisi oleh Muhammad David Lung yang merupakan profesional and Education Consultant Turnitin Indonesia.

David Lung menjelaskan Best Praktis Ithenticate dari Peneliti maupun Penerbit. Selain itu David lung juga menjelaskan fitur-fitur yang ada di ithenticate dimulai dari sisi administrator yang dapat melakukan manajemen user mulai dari create user, enrole user maupun edit role user. Dari sisi user David Lung menjelaskan membuat folder, setting folder termasuk pengaturan filter similarity, dan juga upload document sampai dengan user dapat mengunduh hasil dari proses check similarity.

Virtual workshop ithenticate dihadiri oleh Kepala Pusbang Jurnal dan Publikasi UNNES Dr. Evi Widowati, M.Kes, Staff Pengembang Jurnal, Kepala UPT Puskom UNNES, staff puskom, dan Koordinator Divisi Smart Digital Campus.

Seusai acara tersebut, Kapusbang Jurnal & Publikasi UNNES menyampaikan pada tahap awal UNNES hanya memiliki kuota untuk 2000 dokumen sehingga saat ini di prioritaskan untuk pengelola jurnal yang membutuhkan layanan ini untuk peningkatan kualitas artikel yang masuk pada jurnal Sinta 1, 2 dan Jurnal Scopus UNNES, layanan Klinik Manuskrip UNNES, serta dosen yang membutuhkan layanan tersebut yang hendak publikasi di jurnal Internasional Bereputasi.