Dr. Abdurrahman, M.Pd. melepas mahasiwa KKN Periode I 2019 pada Hari Jumat, 12 Juli di lapangan Rektorat UNNES Sekaran. Kuliah Kerja Nyata tahun ini meliputi Lokasi tahap I, Alternatif Tahap IIA dan KKN Keilmuan, KKN Kemitraan Penelitian dan Pengabdian dan KKN Kemitraan Antar Perguruan Tinggi (UNNES, UPI, UNY dan UNJ) Tahun 2019. KKN periode I ini terdiri dari 2.049 Mahasiswa Program Studi Ilmu Murni yang akan di terjunkan di 6 Kabupaten di Jawa Tengah.

Rektor UNNES dalam pelepasan ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Abdurarhman, M.Pd menyampaikan kepada seluruh peserta KKN untuk selalu menjaga nama baik Almamater UNNES. Selama 45 Hari dilokasi KKN tiap mahasiswa agar menyesuaikan diri dengan lingkungan desa dan bersosialisasi dengan Masyarakat. Mahasiswa diharapkan menjaga kesehatan selalu berkoordinasi dengan Kormades, Kormacam dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) pesan mantan ketua Lembaga Pengembangan profesi Pendidikan (LP3)

Program Kerja yang akan di fokuskan pada KKN Periode I ini meliputi: Program Kerja Bidang Pendidikan, Bidang Kesehatan,Bidang Ekonomi  dan Bidang Konservasi dan Lingkungan yang berlokasi di kabupaten Wonosobo, Klaten,Cirebon, Jepara, Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Bertema “Pengembangan  dan  Penguatan  Desa  melalui  Pemberdayaan Masyarakat” diharapkan semakin menguatkan tiap mahasiswa KKN saat mulai terjun di lokasi papar DR. M. Burhan R Wijaya M.Pd saat memberi laporan pada pelepasan sore itu.