Dalam rangka pemantapan program kerja Tahun 2020, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNNES melaksanakan Rapat Kerja pada Senin-Kamis (24-26/2) di Magelang.   

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh keluarga besar LPPM ini dibuka oleh Ketua LPPM Dr. Suwito Eko Pramono,M.Pd.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa point penting terkait dengan Perjanjian Kinerja LPPM Tahun 2020.  LPPM harus melakukan kolaborasi dalam rangka pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang lebih terarah dan berkelanjutan, agar target dapat tercapai dengan optimal.  Selajutnya kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta (dunia usaha dan dunia industri) dapat ditingkatkan.  Sedangkan point yang ketiga adalah agar pelaksanaan riset yang berbasis inovasi dapat dihilirkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Selanjutnya Dr. Suwito menambahkan bahwa kebijakan UNNES saat ini juga merujuk pada kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Kampus Merdeka yang menitikberatkan pada pembukaan program studi baru, sistem akreditasi PT, PTN BH, dan hak belajar tiga semester di luar Prodi.  Apabila dikaitkan dengan program KKN ada konsep magang (praktek kerja) untuk prodi non kependidikan di dunia industri, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran mahasiswa (inbound, outbond, credit transfer), dan studi wirausaha.

Oleh Karena itu, kunci utama dalam mendukung kebijakan UNNES yakni kebersamaan, integritas, dan kerja nyata. Sehingga tradisi prestasi dan reputasi internasional UNNES dapat tercapai. Dalam kegiatan Pemantapan Program Kerja 2020 juga dilakukan penandatanganan pakta integritas bagi Sekretaris, Kepala Pusat, Staf Akademik, Kabag, Kasubbag dan Tenaga Kependidikan