Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-55 Universitas Negeri Semarang (UNNES), Civitas Akademika UNNES menyelenggarakan 55 kali Khataman Alquran di 12 Unit Kerja. Kegiatan dimulai sejak selasa pagi 3 Maret 2020 di Musala Rektorat UNNES. Kegiatan kedua dilaksanakan di LPPM UNNES pada tanggal 4 Maret 2020.

Khataman Alquran  merupakan agenda Dies Natalis ke-55 UNNES yang diikuti oleh pimpinan, dosen, tenaga kependidikan (tendik), dan mahasiswa UNNES. Kegiatan yang dilaksanakan di selasar LPPM diikuti oleh Ketua, Sekretaris LPPM, Pusat. Gugus, Staff akademik, Kabag Kasubag dan Staff di LPPM UNNES. Hadir pula Ketua BPM dan sekretaris. UPT Konservasi hadir Prof. Dr. Amin Retnoningsih, M. Si. dan staff, seluruh tamu mengikuti kegiatan ini sampai akhir.

Ketua Panitia khataman ini Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum diwakili Drs Anwar Haryono MPd melaporkan, kegiatan diselenggarakan secara bertahap di Unit dan Lembaga.

“Pusatnya ada di Musala Rektorat, delapan di masing-masing fakultas dengan dua tempat, Pascasarjana, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3),” jelas Anwar.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM menyampaikan bawah kita harus selalu berbuat baik dalam setiap langkah kita. Forum yang baik ini adalah wadah untuk selalu mendoakan UNNES semakin baik dan mendunia untuk Indonesia.

Khataman Alquran ini merupakan bagian dari ijtihad. Mereka yang mengawali kebaikan disebut telah melakukan ijtihad. Melalui ijtihad inilah, Allah melipatgandakan pahala umat islam.