Kamis, 11 Juli 2019 Telah dilaksanakan pelepasan mahasiswa delegasi KKN Kebangsaan tahun 2019 oleh Rektor UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum yang dilaksanakan di Gedung H Rektorat kampus Sekaran.
Perwakilan dari UNNES yang akan mengikuti KKN Kebangsaan terdiri dari 5 mahasiswa yaitu Nanang Suwitnyo (FH), Rintan Purnama Ayu Apriliani (FH), Ibnatul Suasti Mujabah (FMIPA), Nurlintang Bening Pramesti (FE) dan Bibit Robiatun (FE). KKN Kebangsaan tahun 2019 akan dilaksanakan di Ternate – Tidore pada 18 Juli 2019 – 22 Agustus 2019 dengan tema “Memperkokoh Rasa Kebangsaan melalui Pengelolaan Semberdaya Berbasis Kepulauan dan Mitigasi Bencana”.

KKN Kebangsaan merupakan salah satu wadah yang digunakan untuk mewujudkan tridharma perguruan tinggi yang memadukan dharma Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. KKN Kebangsaan merupakan salah satu program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI) yang tahun ini akan diikuti oleh 52 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Terdapat 3 program utama pada KKN Kebangsaan tahun 2019, yaitu :
a. Pengembangan ekowisata kepuluan dan konservasi rempah Ternate-Tidore
b. Edukasi dan adaptasi mitigasi bencana dalam upaya Penanggulangan Resiko Bencana (PRB)
c. Penataan administrasi dan keuangan desa, beserta Pendidikan Non Formal (PNF)

Tuan rumah dari pelaksanaan KKN Kebangsaan tahun 2019 adalah Universitas Khairun yang terletak di Ternate. Lokasi KKN dibagi menjadi 30 lokasi yang berada di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan, masing – masing lokasi akan ditempati sejumlah 10 mahasiswa dengan total peserta sejumlah 300 mahasiswa.