Menindaklanjuti Penyusunan Perjanjian Tindak Lanjut Hasil Penelitian Konsorsium LPTK dan Naskah Akademik Profil Kompetensi Guru Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) se-Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Negeri Indonesia (ALPTKNI), mengadakan pertemuan pada tanggal 25-26 Juli 2022 di Hotel Louis Kiene Pandanaran Semarang dan LPPM Unnes.

Pertemuan ini dihadiri oleh LPPM dan Peneliti dari Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Negeri Gorontalo.

“Kami berharap forum ini dapat menjadi wadah dalam kerjasama penelitian baik dengan dana sharing dari masing-masing universitas serta dapat memperkuat keberadaan LPTK di Indonesia,” papar Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unnes, Prof. Dr. S. Martono, M.Si, dalam sambutannya saat membuka kegiatan.

Sementara, perwakilan forum ALPTKNI, Prof. Dr. Dra. Novri Y. Kandowangko, M.P dari Universitas Negeri Gorontalo mengucapkan terima kasih atas penyambutan Unnes yang luar biasa.

“Forum di Semarang ini merupakan kelanjutan dari hasil pembahasan ALPTKNI mengenai Perjanjian Tindak Lanjut Hasil Penelitian Konsorsium LPTK dan Naskah Akademik Profil Kompetensi Guru Indonesia,” paparnya

Setelah pembukaan, tim dari berbagai Universitas dibagi menjadi dua yaitu Tim Tindak Lanjut Hasil Penelitian Konsorsium LPTK dan Tim Naskah Akademik Profil Kompetensi Guru Indonesia. Kepala pusat dan ketua gugus Unnes turut serta dalam penyusunan tersebut.

Sementara, pada hari kedua kegiatan, 26 Juli 2022, para anggota forum mengunjungi Rumah Inovasi Unnes dan melakukan campus tour, kemudian dilanjutkan dengan penyelesaian dokumen di Ruang Roro Jonggrang lantai 1 UNNES. Prof Sucihatiningsih DWP M.Si, selaku sekretaris LPPM juga turut memperkenalkan berbagai potensi di Unnes. Dalam paparannya, Prof Suci mengenalkan berbagai potensi inovasi dan Kerjasama penelitian yang dimiliki Unnes kepada anggota ALPTKNI.